Kalau saya cermati, corporate capitalist dunia serakah semua!
Semua mendorong dan selalu menginginkan GROWTH, PERTUMBUHAN.
Pertumbuhan apa? tidak lain tidak bukan berujung pada uang masuk sebesar-besarnya dan uang keluar sekecil-kecilnya. Alias untung sebesa-besarnya.
Lalu muncullah SALES-SALES atau lebih kerennya MARKETING (baik yang etis maupun tidak) yang berujung kepada mendorong manusia ke arah konsumerisme.

contoh: bank yang alih fungsi ikutan jualan asuransi !!

Semua hal di atas kemudian mendorong kepada persaingan-persaingan individu-individu dan perusahaan perusahaan. Baik persaingan sehat ataupun tidak sehat, dan yang celaka sering nampaknya sehat tetapi dibelakang menusuk.
Ketimpangan pendapatan pun terjadi, pendapatan CEO di US dengan pendapatan pegawainya bisa 400 kali lipat!! Apalagi di Indonesia!! Orang berkata itu wajar!! (Pandangan pebisnis dan ekonom).

Ujung-ujungnya, muncullah ketimpangan dan kesenjangan sosial yang semakin dalam, dan lahirlah kecemburuan sosial yang tidak jarang berujung lahirnya orang-orang radikal, teroris (dan ISIS mungkin?) seperti yang kita lihat sekarang.
Tidakkah kita berpikir bahwa pebisnis-pebisnis yang notabene “serakah” namun dihaluskan dengan bahasa “Pertumbuhan” juga sebenarnya radikal bila ditelaah lebih dalam? Radikal dalam mencari uang dan untung? Yang kemudian ditutupi dengan sedikit charity sana sini????

Itu dari sisi bisnis, kemudian dari sisi politik? Sama saja, dari uang berujung politik dan kekuasaan, berusaha saling menjatuhkan dengan segala cara. Serang menyerang, tata krama pun dilupakan (lihat saat kampanye presiden Amerika dan lihat sekarang saat demam pilkada di negara kita). Semua gara gara duit. GARA GARA DUIT.

Ah….. suka tidak suka, akui atau tidak, kita semua sudah jadi budak duit!! Jadi pantaskah manusia meng-klaim dirinya makhluk paling bermartabat?? Kawanan singa bila sudah kenyang ada kijang lewat tidak akan diganggu. Manusia??? Sudah manusiawi kah kita??? Atau kita tidak lebih dari binatang yang haus akan harta????

GTL, 3 Feb 2017

Advertisements